TOP

15/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mana Bukti Ada Perintah Sunat Bagi Umat Islam Di Dalam Al-Quran?

Salahsatu pertanyaan yang lumayan sering diajukan oleh laskar kristus odong-odong yang baru belajar debat - jadi yang sudah lama ikutan debat sekalipun, selama masih mempertanyakan CENDOL BASI ini berarti sama saja odong-odongnya dengan para pemula tadi - adalah: 


MANA BUKTI DARI AL-QURAN ADA PERINTAH SUNAT BAGI UMAT ISLAM?


Menanggapi ini, jika kemudian kita jawab misalnya cukup dengan firman Allah SWT ini saja: 

ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ 
"Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad), Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif. Dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan." (QS.16: 123) 

Dipastikan mereka tidak akan mengerti di mana "tersembunyinya" perintah itu karena umumnya umat paulus masih menggunakan cara berfikir pengikut Paulus jaman awal dulu yang rata-rata cuma bisa "injih, sendhiko ndoro!" pada segala ucapan petinggi gerejanya tanpa merasa perlu lagi untuk meng"ekspansi" kemampuan berfikirnya guna menela'ah secara kritis-logis setiap perkataan sang petinggi gereja, khususnya yang dimaksudkan untuk diimani. Ini yang sudah lama dikenal dan diaminkan secara berjamaah oleh jemaat hampir seluruh denominasi (sekte) kristen yang jumlahnya dewasa ini sudah mencapai  34 ribuan lebih! 

Padahal, bagi umumnya umat Nabi Muhammad saw, satu baris saja kalimat wahyu di atas itu sudah cukup untuk dijadikan dalil meneladani segala bentuk perbuatan lahir dan bathin Nabi Ibrahim as,. dalam mengaplikasikan pengabdian dan kepatuhannya kepada Allah, Tuhan para Nabi dan seluruh makhluk semesta alam! 

Artinya, jika Nabi Ibrahim as,. mendapat perintah dari Allah untuk bersunat (khitan) dan dipatuhinya dengan sepenuh hati, maka tentu saja demikian pula yang harus dipatuhi oleh umat nabi Muhammad saw berdasarkan firman Allah dalam QS. 16:123 di atas! Membaca jawaban ini, laskar kristus odong-odong yang cuma bisa TANDO, alias tanya-tanya doang ini, biasanya akan mengejar dengan pertanyaan blo'on lainnya, misalnya saja seperti ini: 

MANA BUKTINYA ADA PERINTAH SUNAT BAGI IBRAHIM DI DALAM ALQURAN? 

Jawabannya adalah tidak ada! Sebab memang perintah itu tidak pernah tertulis di dalam Al-Qur'an.

Kenapa? Karena Al-Qur'an bukan kitab yang berisi perintah-perintah untuk nabi Ibrahim as,. yang sudah wafat ribuan tahun sebelum Al-Qur'an itu sendiri menjadi kitab seperti sekarang ini. Mana mungkin Tuhan menurunkan perintah untuk dilaksanakan oleh manusia yang sudah wafat ribuan tahun sebelumnya? 

Masih belum puas, anggota turun temurun gerombolan odong-odong ini biasanya akan mengejar dengan pertanyaan argumentatif "rada cerdas", semisal ini: 

SETIDAKNYA CERITA TENTANG PERINTAH ITU SEHARUSNYA ADA DI DALAM AL-QURAN!

Sampai di sini, kita yang ditanya tentu saja bakal bergumam sendiri,
"Duh ...... capedeee!" 

Bagaimana tidak?
Karena memang cape rasanya jika selama bertahun-tahun harus mengulang-ulang jawaban yang sama untuk pertanyaan CENDOL BASI yang sama, layaknya dipaksa untuk mendengar lagu lama yang sama, lagi, lagi, dan lagi, yang terus menerus diputar dari KASET RUSAK yang sama pula! 

Perintah itu memang tidak tertulis dalam Al-Qur'an, akan tetapi diceritakan dengan jelas di dalam periwayatan hadits-hadits Nabi Muhammad saw,. di antaranya seperti berikut ini: 

Telah tsabit masalah khitan dalam sunnah Rasulullah saw dalam beberapa hadits di antaranya : 

[1]. Abu Haurairah Radhiyallahu 'anhu berkata: 'Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Fithrah itu ada lima; Khitan, Mencukur bulu kemaluan, Memotong kumis, Menggunting kuku, dan Mencabut bulu ketiak" 

[Diterbitkan oleh Al-Bukhari (6297 - Fathul Bari), Muslim (3/257 - Nawawi), Malik dalam Al-Muwatha (1927), Abu Daud (4198), At-Tirmidzi (2756), An-Nasa'i (1/14-15), Ibnu Majah (292), Ahmad dalam Al-Musnad (2/229) dan Al-Baihaqi (8/323)] 

[2]. Dari Utsaim bin Kulaib dari bapaknya dari kakeknya bahwasanya kakeknya datang kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dan berkata: "Aku telah masuk Islam". Maka Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepadanya. "Buanglah darimu rambut kekufuran dan berkhitanlah" 

[Hasan, Diterbitkan oleh Abu Dawud (356), Ahmad (3/415) dan Al-Baihaqi (1/172). Berkata Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa' (79) : Hadits ini hasan karena memiliki dua syahid, salah satunya dari Qatadah Abu Hisyam dan yang lainnya dari Watsilah bin Asqa'. Aku telah berbicara tentang kedua hadits ini dan aku terangkan pendalilan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dengannya dalam Shahih Sunan Abi Dawud nomor 1383] 

[3]. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu bahawasanya Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Nabi Ibrahim berkhitan setelah beliau berusia 80 tahun" 

[Diterbitkan oleh Al-Bukhari (6298 - Fathul Bari), Muslim (2370), Al-Baihaqi (8/325), Ahmad (2/322-418) dan ini lafadz beliau] 

** Dalam hadits-hadits di atas ada keterangan masyru'nya khitan, dan orang dewasa jika belum dikhitan juga diperintahkan untuk melakukannya. 

Sampai di sini, maka yang kemudian dapat membuat kita tertawa sendiri, bahkan sampai terbahak-bahak, adalah apa yang sejak mulai bertanya tadi diam-diam mereka kira merupakan "bom waktu" yang siap untuk diledakkan semisal ini: 

JIKA PERINTAH SUNAT TIDAK ADA DALAM ALQURAN TETAPI HANYA DI DALAM HADITS, BERATI PERINTAH TSB ADALAH HOAX KARANGAN MUHAMMAD SAJA! 

Tahukah anda di mana letak "kelucuan" dagelan para laskar kristus odong-odong ini? Mereka bertegar tengkuk berpegang teguh pada argumen bahwa setiap perintah terkait ritual ibadah umat Islam itu seharusnya dapat dibuktikan dengan menunjukkan dalil yang tertulis di dalam Al-Qur'an sebagai kitab suci umat Islam sendiri. Mereka menolak menerima, atau tidak mau mengakui kebenaran perintah-perintah tsb bila rujukannya "cuma" berasal dari hadits Rasulullah saw saja! 

Ini adalah BUKTI PALING NYATA betapa rusaknya mekanisme berfikir umat ini yang dalam banyak kesempatan kebanyakan cuma menunjukkan GAGAL MIKIR yang sangat akut akibat terlalu banyak dijejali doktrin dan dogma gereja yang sangat menyesatkan! Bagaimana mungkin mereka bisa berargumen sedemikian bodoh, yakni cuma mau percaya penjelasan kita jika sumbernya ada tertulis di dalam Al-Qur'an dan dengan tegas menolak hadits Rasulullah saw? 

Padahal FAKTANYA, saya ulangi; FAKTANYA sudah demikian jelas, bahwa baik kandungan Al-Qur'an maupun kandungan hadits-hadits shahih yang sejak lebih dari seribu tahun lalu sudah dibuktikan kebenarannya oleh para Imam dan para alim ulama (orang-orang shaleh yang berilmu), sejatinya berasal dari ucapan sosok yang sama, yaitu Rasulullah saw sendiri? 
YA! Sumber dari seluruh isi Al-Quran dan Hadits-hadits shahih berasal hanya dari SATU ORANG, yaitu nabi Muhammad saw!
Lantas, coba dipikir saja sendiri, sebetulnya bagaimana sih cara bernalar orang-orang ini sehingga hanya mau mempercayai salahsatu dari dua "sumber dari segala sumber" hukum-hukum pasti dalam seluruh ajaran Islam itu?

Puncaknya, mereka akan segera meliuk-liuk dengan asumsi liar yang ditularkan oleh para kafir Harbi sejak jaman dulu, menuduh bahwa "Al-Qur'an adalah kitab karangan Muhammad!" Maka semakin terlihat nyatalah penyakit turunan GAGAL MIKIR umat ini, sebab tuduhan tsb justru semakin menunjukkan kebenaran Nabi Muhammad saw! 

Tidak percaya? 
Perhatikan ini:

DR. W. Graham Scroggie dari Institut Alkitab Moody, yaitu salah satu Misi Penyebaran Injil Kristen yang terkenal di dunia, menulis dalam bukunya begini: 
“Injil adalah karangan manusia. kendati demikian ada orang yang terlalu fanatik buta -tanpa berpedoman kepada ilmu pengetahuan- menyangkal kenyataan ini. Kitab-kitab itu telah muncul melalui fikiran manusia, ditulis dalam bahasa manusia, diabadikan oleh tangan-tangan manusia dan memiliki gaya yang menunjukkan karakteristik manusia.” 
Dengan kata lain, penginjil lumayan beken ini menyatakan bahwa Injil bukanlah firman Tuhan, melainkan hanya karangan manusia saja! 

Berbeda dengan Al-Qur`an yang memang merupakan wahyu dari Allah dan memiliki gaya penulisan yang menunjukkan karakteristik ilahiyah yang tidak dapat ditiru oleh manusia mana pun juga. Jika para penyair Arab berkolaborasi dengan ilmuwan di seluruh dunia sekalipun, lalu mereka bersama-sama membuat SATU SAJA surat untuk menandingi Al-Qur`an, niscaya mereka tidak akan pernah berhasil! 
Jika tuduhan "ngasal" kalian harus dibenarkan, yaitu bahwa Al-Qur`an berasal dari Muhammad yang cuma manusia biasa, maka tidak mungkin bisa kalian sangkal sendiri bahwa kejeniusan Muhammad menjadi terbukti sangat jauh melampaui kejeniusan makhluk mana pun di muka bumi ini, dan tidak bisa disangkal pula telah dengan telak mengalahkan kecerdasan para ilmuwan dan pakar dari berbagai disiplin ilmu sejak 14 abad lalu hingga hari ini!

Dan tentu saja ini juga berarti kecerdasan beliau jauh melampaui kejeniusan para pengarang seluruh isi alkitab, karena beliau mengetahui ada yang salah dalam penulisan ulangnya, termasuk ........ nah, ini dia!

Sangat jauh melampauai kejeniusan Yesus yang selama ini kalian anggap sebagai tuhan!

Demikian, supaya jangan menjadi orang tolol terus sampe mati! 

Baca Juga

Post a Comment

31 Comments

  1. Setuju min, saya muslim, tapi saya belum sunat, karena dulu waktu kecil takut disunat, sampai sekarang dewasa pun saya gak sunat, setiap di suruh sunat waktu remaja saya pasti lari dan gak mau pulang, setelah dewasa ini saya baru tau tidak ada firman Allah yang menyuruh hambanya sunat, hanya hadis Rasulullah yang menyuruh, yang saya pikirkan sebenarnya yang saya sembah Allah atau Muhammad Saw ?

    Dari situ saya lebih mengikuti firman Allah ketimbang hadis Rasulullah, karena kalo saya terlalu menyembah Muhammad Saw apa bedanya saya dengan umat kristiani ??
    Jadi saya sekarang gak sunat dan gak mau sunat, hidup itu pilihan
    Kalo katanya ada orang bilang ke saya kalo gak sunat ibadah kamu gak diterima, saya selalu bilang ke mereka apakah iman dinilai dari penis?, dan Allah itu menciptakan manusia sangat sempurna, jika kita sunat sama saja kita seperti melakukan operasi plastik, dan yang menyuruh sunat itu bukan Allah tapi Muhammad Saw, dan terakhir itu urusan Allah dengan saya bukan tentang Muhammad, ulama, ustad, ataupun orang lain

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saudaraku, Tuhan Allah SWT sudah memberi hak untuk ditaati kepada Nabi Muhammad SAW. Beliau pilihanNya, dan ucapan dari beliau itu atas ijin Tuhan Allah SWT juga.
      Kan aneh sekali kita nurut kepada Tuhan tetapi gak patuh kepada utusanNya. Apa alasannya logisnya?

      Delete
    2. Ngaku muslim tapi gak nurut sabdo kanjeng rasul, yo podo wae mbek kafir!

      Delete
    3. Anda percaya diri sekali dengan jalan berpikirmu yang kufur itu. Akidah itu satu paket antara allah dan muhammad. Anda beriman pada allah tapi menafikan kerasulan muhammad, akidahmu batal.

      Delete
  2. Alquran ternyata tipu tipuan, klo memang ada perintah sunat ya tunjuk ayatnya, katanya yg tdk sunat itu dosa. Tunjukkan ayat alquranmu itu goblok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelajari dulu Alqur-an, Temanku. Ada perintah untuk taat kepada NabiNya. Itu sudah cukup bagi muslim dalam masalah sunat ini. Bukan tipuan, bukan goblok, tetapi kita yang belum paham Alqur-an

      Delete
  3. di alkitab sangat jelas sekali bahwa sunat itu Perjanjian Allah dan Abraham.. isinya agan cari aja sendiri di alkitab atau mbah google...ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, bangsa Quraisy juga meyakini bahwa sunat itu ajaran peninggalan dari nenek moyang mereka, yaitu Ibrahim AS.

      Delete
  4. Kalo sunat tidak ada di Alquran trus Allah SWT memerintahkan mengikuti custom-nya Ibrahim, pertinyiinnya: darimana Nabi bisa tahu kalo custom nya Ibrahim adalah sunat?

    Owhh tentu saja dari PL lah. Setelah bergaul ama orang Yahudi di Madinah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajaran sunat kan dilakukan oleh bangsa Quraisy. Dan mereka meyakini kalau itu ajaran nenek moyang mereka, yaitu Ibrahim AS.

      Delete
  5. Monmaap min, jangan ngegas, tp memang hadist itu tulisan tangan manusia, dimana ketika penulisan ada yg tidak lengkap, ada yg ditambah2kan, ada pula yg isinya dusta. Imam hadist (bukhari, muslim, daud, tirmidzi) itu dhoif / lemah, sebaiknya jgn ditelan bulat2, krn mereka hidup jauh dari zaman rasul. Sy sarankan belajar sejarah islam. Jika anda suni, sahabat2 nabi pun tdk lepas dari unsur politik di kala itu. Sedangkan mahzab saja ada 4. Semoga menjadi pencerahan utk kaum2 yg berpikir (kritis). Wallahualam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat saja di tulisan ulama empat madzhab maupun kitab² hadits. Untuk masalah sunat ini kayaknya gak ada yang gak sepakat tentang dilakukannya. Yang berselisih itu pada hukumnya, wajib atau bagaimana dsb. Jangan Apriori dulu dengan hadits. Itu sudah upaya manusia tercanggih dalam mengabadikan ucapan seseorang.
      Ada gak buku yang seperti hadits cara penyusunannya? Ayo kita cari sampai ubanan gak akan ketemu

      Delete
  6. Sunat khitan bukan wajib tapi sunnah, kalee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang betul, status hukumnya diperselisihkan oleh para ulama

      Delete
  7. HADITS ITU KARANGAN MANUSIA DAN BUKAN DARI TUHAN.ITU BISA SAJA SUDAH DIREKAYASA OLEH MUHAMMAD DAN PARA SAHABATNYA. APAKAH ADA SAKSI MATA PADA WAKTU MUHAMMAD MENDAPATKAN WAHYU DARI ALLAH SWT????? BERIKAN DALIL NYA DALAM QURAN KETIKA MUHAMMAD MENDAPATKAN WAHYU DARI ALLAH SWT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau membuat bangunan Islam yang terdiri dari Alqur-an dan Hadits ini dikatakan karangan Muhammad SAW dan para sahabat beliau, berarti mereka itu adalah sekelompok manusia paling canggih di sepanjang zaman, Temanku.
      Orang Quraisy yang hidup sezaman dengan Nabi SAW lho mengakui kalau mereka tidak bisa membuat karya seperti Alqur-an.
      Tantangan itu terbuka sampai sekarang, bukan hanya untuk orang Arab saja, tetapi manusia, bahkan jin.

      Delete
    2. Shalat itupun merupakan Sunnah Rasul...karena tidak ada tata cara shalat di Al-Qur'an......!!

      Seorang muslim wajib mengikuti Al-Qur'an dan Sunnah Rasul...!!!
      Jikalau ada yg tidak mengakuinya maka dia sebenarnya seorang KAFIR !!!

      Delete
  8. Min kamu paling goblok,,kamu percaya alquran alquran atau hadist??sbnrx kitab suci kalian yg mana sih???admin abal2,,nabiMu saja buta huruf,tukang cabulb,bgmn kamu bisa jdi pintar hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pegangan Islam memang dua sumber, Temanku. Dan itu juga perintah Tuhan Allah SWT kok. Kan aneh kalau kita yakin kepada Tuhan tapi ketika diperintah olehNya untuk mengikuti utusanNya kita menolak. Gak logis kan ini?

      Delete
    2. Yang cabul itu ahok dan bininya yang selingkuh 7 tahun

      Delete
  9. Semoga Tuhan Allah SWT mengganti rezekimu menjadi hanya dari barang halal, aamiin

    ReplyDelete
  10. QS 16 : 123
    Kami wahyukan kepadamu (Muhammad), ikutilah Agama Ibrahim seorang yg Hanif. Dan bukanlah dia orang-orang yg mempersekutukan Tuhan.
    Dari ayat diatas jelas sekali bahwa:
    Allah SWT memerintahkan Muhammad untuk ikut Agama Ibrahim.
    Ayat diatas adalah Firman Allah yg harus di taati oleh Muhammad.
    Pertanyaan nya:
    Kenapa Muhammad melanggar perintah Allah SWT dengan membuat Agama baru yaitu Agama Islam?
    Kenapa Muhammad tidak Taat?

    ReplyDelete
  11. Pertanyaan orang awam :
    1. Ibrahim/abraham org apa?
    Jika yahudi tentu berbahasa ibrani
    Jika arab tentu berbahasa arab
    Lantas dlm alquran ada terulis ttg ibrahim dlm bhs arab...apakah hal ini terlebih dahulu diterjemahkan bhs yg digunakan ibrahim ke bhs arab?

    2. Apa agama ibrahim ketika itu sehingga hrs diikuti termasuk sunat ?

    3. Lbh kuat mana kedudukan alquran bandibg hadis?

    4. Mengapa ada bbrp pendapat para ulama perihal sunat (ulama = manusia)

    Salam

    ReplyDelete
  12. Menyimak tulisan diatas,
    Tdk elok menggunakan bhs yg tdk terkait dgn konteks spy efektid lgsg saja ke pokok mslh tanpa ada embel embel kata umat paulus, kata odong odong, petinggi gereja, kata blo on dll. Kata2 tsb bukan bagian dari pembahasan,
    Jika ada pertanyaan mengulang dgn pertanyaan yg sama hal itu adalah wajar kenapa ? Krn manusia tidak hidup dalan satu geberasi artinya setiap org boleh bertanya apa yg ingin hendak dia ketahui, sama hal nya dgn umat muslim dgn pertanyaan berulang semisal : mana ayat yg berkata yesus adalah tuhan sembah lah aku dll.
    Mari saling memberi jawaban dan penjelasan yg mencerdaskan tanpa menyerang pribadi, kelompok spy para pembaca tercerahkan sekaligus mecerdaskan, pembacalah yg berhak menilai mana loyang mana emas tanpa kita sebut sy lah yg populer yg lain palsu.

    ReplyDelete
  13. Menyimak tulisan diatas,
    Tdk elok menggunakan bhs yg tdk terkait dgn konteks spy efektid lgsg saja ke pokok mslh tanpa ada embel embel kata umat paulus, kata odong odong, petinggi gereja, kata blo on dll. Kata2 tsb bukan bagian dari pembahasan,
    Jika ada pertanyaan mengulang dgn pertanyaan yg sama hal itu adalah wajar kenapa ? Krn manusia tidak hidup dalan satu geberasi artinya setiap org boleh bertanya apa yg ingin hendak dia ketahui, sama hal nya dgn umat muslim dgn pertanyaan berulang semisal : mana ayat yg berkata yesus adalah tuhan sembah lah aku dll.
    Mari saling memberi jawaban dan penjelasan yg mencerdaskan tanpa menyerang pribadi, kelompok spy para pembaca tercerahkan sekaligus mecerdaskan, pembacalah yg berhak menilai mana loyang mana emas tanpa kita sebut sy lah yg populer yg lain palsu.

    ReplyDelete
  14. Yang ditanya itu ayat khusus yang spesifik tentang perintah sunat!
    Bukan secara gamblang perintah mengikuti Agama nabi Ibrahim!
    Mau TAQIYAH demi pembenaran ya?!
    Lagian yang ditanya ayat dalam Al-Qur'an ya jawabannya juga harus seputaran Al-Qur'an dong!
    Bukannya malah ngelantur ke jaman Ibrahim dan ngelantur ke Alkitab!

    ReplyDelete
  15. Kebanyakan menghina kau bre, tapi ga mampu menunjukkan ayat nya jelas jelas, bawah sunat itu wajib! Sama seperti islam yang selalu menuntut ayat di mana Yesus mengatakan "Aku lah Tuhan Sembah Aku" Padahal begitu banyak ayat Dalam Alkitab Yang menunjukkan ketuhanan Tuhan Yesus,namun apakah daya, yang bertanya itu masih islam odong odong, di tanyak mana ayat nya islam harus sunat malah kau jawab yang lain lain, pokoknya harus real muhamad mengatakan"wahai umat ku Mari sunat sebab itu lah perintah-Nya"kalau gada ayat seperti itu maka ku jamin kalian gada di suruh sunat tapi sok sokaok sunat:V pokoknya harus seperti itu ayat nya, sama seperti kalian yang menginginkan ayat di mana Yesus mengatakan Dia adalah Tuhan secara terang terangan.

    ReplyDelete
  16. Waaaahhhh ternytaaa benar mau "dongeng2an" Alasan "ngless bajaj" Alesan tempe busuk tetep aja ga ada tertulis perintah BERSUNAT di quran. 😂😂😂.

    KASIHAN....
    Disuruhnya apa "ikutin agama/imannya Ibrahim" Bukan nyiptain agama sendiri. Aslie "ga nyampe" Ya?

    ReplyDelete
  17. Kalau kalian pernah sekolah dan sukses menggondol ijazah tamat SMU -- atau yang setingkat -- dengan nilai 1 angka saja di atas 5 untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, maka penjelasan di atas mustinya dapat kalian pahami dengan baik. Tapi kalau kurang dari itu, maka wajar saja kalian gagal paham seperti biasa, baik untuk memahami pesan-pesan langit dalam kitab kalian sendiri, apalagi dalam Al-Quran dan Hadits yang tingkatannya jauh lebih tinggi. Padahal urusan yang kalian ributkan itu sebetulnya sangat simpel.

    Begini:
    Anggaplah diri kalian preman. Rambut gondrong, muka penuh brewok dan setiap hari kerja kalian cuma bikin kacau di pasar saja, sementara di sisi lain kalian takut dan patuh pada bapak kalian masing-masing. Suatu hari bapak kalian memasukkan kalian ke AKABRI dengan pesan pendek, "Ikuti aturan AKABRI!"

    Baru sampai di sini, apa kalian pikir selama menjadi kadet AKABRI kalian masih boleh berambut gondrong dan muka penuh brewok? Jawabnya jelas , TIDAK!"

    Kenapa?
    Karena sebelum kalian lahirpun, salahsatu aturan yang berlaku di AKABRI adalah rambut musti cepak dan wajah kudu klimis! Jadi tanpa perlu disebutkan kalian harus potong rambut dan cukur brewok sekalipun, hal itu memang sudah menjadi bagian dari perintah bapak kalian tadi, yakni, "Ikuti aturan AKABRI!"

    Nah, begitulah arti dari perintah Allah kepada setiap muslim, yakni; "ikuti milah Ibrahim!"

    Jadi, tanpa perlu disebutkan, "Hai, Muslim. Kalian harus sunat!" sekalipun, sunat adalah bagian dari aturan yang berlaku dalam milah Ibrahim yang harus diikuti.

    Ngerti?

    BTW, Kenapa sih otak sebagus yang ada di kepala kalian itu tidak digunakan secara paripurna seperti seharusnya? Perkara sesepele perintah sunat saja kalian ributkan sampai berabad-abad.
    Hadeeuuh ...... PARAH!

    ReplyDelete
  18. Sebelum dunia ada pun Yesus sudah ada bro....wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah! Lagu lama dik!
      Supaya kalian tau saja, sebelum Yesus lahir, Gus Mendem juga sudah ada!
      Lalu apa hebatnya Yesus dalam hal ini?
      Pelajari penjelasannya di sini dan di sini.



      Delete