TOP

15/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Yesus Dalam Pandangan Judaisme

Tidak ada pandangan doktrinal khusus tentang Yesus dalam Yudaisme tradisional. Monoteisme, kepercayaan pada kesatuan absolut dan singularitas Tuhan , adalah inti dari Yudaisme, yang menganggap penyembahan seseorang sebagai bentuk penyembahan berhalaOleh karena itu, pertimbangan Yesus sebagai keilahian tidak menjadi masalah dalam pemikiran tradisional Yahudi. Penolakan terhadap Yesus sebagai Mesias tidak pernah menjadi masalah teologis untuk Yudaisme karena eskatologi Yahudi menyatakan bahwa kedatangan Mesias akan dikaitkan dengan kejadian yang tidak terjadi pada saat Yesus, seperti pembangunan kembali Bait Suci, Zaman Kedamaian Mesianik, dan pengumpulan orang Yahudi ke tanah air mereka.

Secara historis, beberapa penulis dan sarjana Yahudi menganggap Yesus sebagai "nabi palsu" yang paling merusak, dan pandangan tradisional tentang Yesus sebagian besar negatif, meskipun sarjana Yahudi yang berpengaruh pada Abad Pertengahan termasuk Judah Halevi dan Maimonides memandang Yesus sebagai orang penting. sosok persiapan untuk monoteisme etis universal masa depan dari Zaman Mesianik. Beberapa pemikir Yahudi modern yang dimulai pada abad ke-18 dengan Ortodoks Jacob Emden dan reformator Moses Mendelssohn berspekulasi secara simpatik bahwa Yesus historis mungkin lebih dekat dengan Yudaisme daripada yang ditunjukkan oleh Injil atau catatan tradisional Yahudi, sebuah pandangan yang masih dianut oleh sebagian orang.

Yudaisme tidak pernah menerima klaim pemenuhan nubuatan yang diatribusikan oleh Kekristenan kepada Yesus .

Latar belakang

Pahatan kayu diukir oleh Johann von Armssheim (1483). Menggambarkan perselisihan antara sarjana Kristen dan Yahudi

Keyakinan bahwa Yesus adalah Allah , Putra Allah , atau pribadi Tritunggal , tidak sejalan dengan teologi Yahudi . Orang Yahudi percaya Yesus dari Nazaret tidak memenuhi nubuatan mesianik yang menetapkan kriteria kedatangan mesias. Yudaisme tidak menerima Yesus sebagai Tuhan, Makhluk Ilahi, perantara antara manusia dan Tuhan, mesias, atau suci. Kepercayaan pada Tritunggal juga dianggap tidak sesuai dengan Yudaisme, seperti sejumlah ajaran Kristen lainnya .

Teologi Yahudi

Keesaan dan ketidakterpisahan Tuhan

Dalam Yudaisme, gagasan tentang Tuhan sebagai dualitas atau trinitas adalah sesat - bahkan dianggap oleh beberapa politeistik. Menurut kepercayaan Yahudi, Taurat mengesampingkan Tuhan yang trinitas dalam Ulangan (6:4): "Dengarlah Israel, Tuhan adalah Tuhan kami, Tuhan adalah satu."

Yudaisme mengajarkan bahwa adalah sesat bagi siapa pun untuk mengklaim diri sendiri, atau orang lain, sebagai Tuhan, bagian dari Tuhan, atau anak Tuhan secara literal. Talmud Jerusalem (Ta'anit 2: 1) menyatakan secara eksplisit: "jika seseorang mengaku sebagai Tuhan, dia adalah pendusta."

Dalam bukunya A History of the Jewish, Paul Johnson menggambarkan perpecahan antara orang Yahudi dan Kristen yang disebabkan oleh perbedaan dari prinsip ini:

Atas pertanyaan, Apakah Yesus Tuhan atau manusia?, orang Kristen menjawab: keduanya. Setelah 70 M, jawaban mereka bulat dan semakin tegas. Ini membuat benturan keras dengan Yudaisme menjadi tak terelakkan.

Pada abad ke-12, sarjana Yahudi terkemuka, Maimonides, mengkodifikasi prinsip-prinsip inti Yudaisme Modern, menulis "[Tuhan], Penyebab segalanya, adalah satu. Ini tidak berarti yang satu seperti dalam sepasang, atau yang seperti spesies (yang meliputi banyak individu), tidak juga sebagai objek yang terdiri dari banyak elemen, atau sebagai satu objek sederhana yang dapat dibagi tanpa batas. Sebaliknya, Tuhan adalah satu kesatuan tidak seperti kesatuan lain yang mungkin."

Beberapa sarjana Yahudi Ortodoks mencatat bahwa ungkapan puisi Yahudi yang umum, "Bapa Kami di Surga", digunakan secara harfiah oleh Yesus untuk menyebut Allah sebagai "Bapanya di Surga" (lihat. Doa Bapa Kami ).

Tuhan bukan jasmani

Tiga belas prinsip iman Maimonides mencakup konsep bahwa Tuhan tidak memiliki tubuh dan bahwa konsep fisik tidak berlaku untuknya. Dalam doa "Yigdal", yang ditemukan di awal buku doa Yahudi yang digunakan di sinagoga-sinagoga di seluruh dunia, disebutkan, "He has no semblance of a body nor is He corporeal." atau dngan kata lain, "Dia tidak serupa dengan apapun juga". Ini adalah prinsip sentral Yudaisme bahwa Tuhan tidak memiliki karakteristik fisik dalam bentuk apa pun; bahwa esensi Tuhan tidak dapat dipahami melalui asumsi manusia.

Yesus sebagai Mesias Yahudi

Ide Yudaisme tentang mesias berbeda secara substansial dari ide Kristen tentang Mesias. Dalam Yudaisme Ortodoks, tugas mesias adalah membawa Zaman Mesianik, peristiwa satu kali, dan mesias yang diduga dibunuh sebelum menyelesaikan tugas (yaitu memaksa seluruh Israel untuk berjalan di jalan Taurat, memperbaiki pelanggaran di ketaatan, berperang dalam perang Tuhan, membangun Bait Suci sebagai gantinya, berkumpul di pengasingan Israel yang tersebar) bukanlah mesias. Maimonides menyatakan,

Tetapi jika dia tidak berhasil dalam semua ini atau terbunuh, dia jelas bukan Moshiach yang dijanjikan dalam Taurat ... dan Tuhan hanya menunjuknya untuk menguji umat.

Orang Yahudi percaya bahwa mesias akan memenuhi nubuatan mesianik dari nabi Yesaya dan Yehezkiel . Menurut Yesaya, Mesias adalah keturunan dari pihak ayah Raja Daud. Dia diharapkan untuk mengembalikan orang-orang Yahudi ke tanah air mereka dan membangun kembali Bait Suci, memerintah sebagai Raja, dan mengantarkan era damai dan memahami di mana "pengetahuan tentang Tuhan" memenuhi bumi, memimpin bangsa untuk "akhirnya mengakui kesalahan yang mereka lakukan Israel".  Yehezkiel menyatakan sang mesias akan menebus orang Yahudi.

Pandangan Yahudi tentang Yesus dipengaruhi oleh fakta bahwa Yesus hidup pada masa Bait Suci Kedua berdiri, dan bukan ketika orang-orang Yahudi diasingkan. Dia tidak pernah memerintah sebagai Raja, dan tidak ada era kedamaian atau pengetahuan besar berikutnya. Yesus mati tanpa menyelesaikan  bagian dari tugas mesianik mana pun, alih-alih menjanjikan Kedatangan Kedua. Bukannya ditebus, orang Yahudi kemudian diasingkan dari Israel, dan bait suci dihancurkan bertahun-tahun kemudian, tidak dibangun kembali. Perbedaan ini dicatat oleh para sarjana Yahudi yang sezaman dengan Yesus, seperti yang kemudian ditunjukkan oleh Nahmanides, yang pada tahun 1263 mengamati bahwa Yesus ditolak sebagai mesias oleh para rabi pada masanya.

Selain itu, Yudaisme melihat klaim Kristen bahwa Yesus adalah mesias tekstual dari Alkitab Ibrani sebagai sebuah kesalahan pada terjemahan, didasari pemikiran bahwa Yesus tidak memenuhi kualifikasi Mesias Yahudi .

Nubuat dan Yesus

Menurut Taurat (Ulangan 13: 1–5dan 18:18–22),kriteria seseorang untuk dianggap sebagai nabi atau berbicara untuk Tuhan dalam Yudaisme adalah bahwa dia harus mengikuti Allah Israel (dan tidak ada tuhan lain) ; dia tidak harus menggambarkan Tuhan secara berbeda dari bagaimana dia dikenal dari Kitab Suci ; dia tidak boleh menganjurkan perubahan pada firman Tuhan atau menyatakan bahwa Tuhan telah berubah pikiran dan menginginkan hal-hal yang bertentangan dengan kata kekal yang telah dinyatakannya. Tidak ada konsep tentang Mesias yang "memenuhi hukum" untuk membebaskan orang Israel dari kewajiban mereka untuk mempertahankan mitzvot dalam Yudaisme, seperti yang dipahami dalam banyak agama Kristen atau beberapa lainnya.Yudaisme Mesianik .

Ada dua jenis "nabi palsu" yang dikenal dalam Alkitab Ibrani: orang yang mengaku sebagai nabi atas nama penyembahan berhala , dan orang yang mengaku sebagai nabi atas nama Allah Israel, tetapi menyatakan bahwa setiap kata atau perintah (mitzvah) yang Tuhan katakan tidak berlaku lagi, atau membuat pernyataan palsu atas nama Tuhan. Karena Yudaisme tradisional percaya bahwa firman Tuhan adalah benar untuk selamanya, seseorang yang mengaku berbicara atas nama Tuhan tetapi menyimpang dengan cara apa pun dari apa yang Tuhan sendiri katakan, secara logis tidak dapat diilhami oleh otoritas ilahi. Ulangan 13:1 menyatakan secara sederhana, "Berhati-hatilah untuk mengamati hanya apa yang Aku perintahkan kepadamu; jangan menambahkan atau mengambil darinya."

Bahkan jika seseorang yang tampak seperti seorang nabi dapat melakukan tindakan supernatural atau tanda-tanda, tidak ada nabi atau pemimpi yang dapat bertentangan dengan hukum yang telah dinyatakan dalam Alkitab. Dengan demikian, setiap perbedaan yang dianut oleh Yesus dari ajaran Yudaisme alkitabiah akan mendiskualifikasi dia dari dianggap sebagai nabi dalam Yudaisme. Ini adalah pandangan yang diadopsi oleh orang-orang sezaman Yesus, sesuai dengan tradisi kerabian seperti yang dinyatakan dalam Talmud (Sotah 48b) "ketika Maleakhiwafat, nubuat meninggalkan Israel. "Sebagaimana Maleakhi hidup berabad-abad sebelum Yesus, jelas bahwa para rabi zaman Talmud tidak memandang Yesus sebagai nabi yang diilhami secara ilahi. Lebih jauh, Alkitab sendiri menyertakan contoh seorang nabi yang dapat berbicara langsung dengan Tuhan. dan bisa membuat keajaiban tapi "jahat", dalam bentuk Bileam .

Yesus dan keselamatan

Yudaisme tidak berbagi konsep Kristen tentang keselamatan , karena tidak percaya bahwa orang dilahirkan dalam "keadaan berdosa". Yudaisme menyatakan bahwa manusia dilahirkan untuk berjuang menuju kesempurnaan, dan untuk mengikuti firman Tuhan. Seseorang yang berdosa dapat bertobat dari dosa itu dan, jika ia bertobat dengan sepenuh hati, menyesali dosanya, dan berkomitmen untuk tidak pernah melakukan dosa itu lagi, maka dosanya akan diampuni.

Yesus dalam literatur kerabian

Talmud

Berbagai karya sastra rabi Yahudi klasik dianggap berisi referensi tentang Yesus, termasuk beberapa manuskrip Talmud Babilonia yang tidak disensor dan sastra midrash klasik yang ditulis antara tahun 250 M dan 700 M. Ada spektrum pandangan ilmiah tentang berapa banyak dari referensi ini yang sebenarnya tentang Yesus.

Otoritas Kristen di Eropa sebagian besar tidak menyadari kemungkinan rujukan kepada Yesus dalam Talmud sampai tahun 1236, ketika seorang mualaf dari Yudaisme, Nicholas Donin, mengajukan tiga puluh lima dakwaan formal terhadap Talmud di hadapan Paus Gregorius IX, dan dakwaan ini diajukan kepada rabi Yechiel dari Paris yang kemudian dipertahankan dalam Perselisihan Paris pada tahun 1240. Pembelaan utama Yechiel adalah bahwa Yeshu dalam literatur rabi adalah murid Joshua ben Perachiah, dan jangan disamakan dengan Yesus (Vikkuah Rabbenu Yechiel mi-Paris). Selanjutnya, pada  Disputation of Barcelona (1263) Nahmanides membuat poin yang sama. Jacob ben Meir, Jehiel ben Solomon Heilprin (abad ke-17) dan Jacob Emden (abad ke-18) mendukung pandangan ini.

Tidak semua rabi setuju pada pandangan ini. Kuzari oleh Yehuda Halevi (c.1075-1141), memahami referensi di Talmud ini merujuk pada Yesus dari Nazareth dan berdasarkan bukti yang dapat diperdebatkan yang meyakinkan bahwa Yesus dari Nazareth hidup 130 tahun sebelum masa yang diyakini oleh umat Kristen sebagai masa saat mana dia hidup (lihat akun tentang kronologi Yesus). Polemik anti-Kristen Profiat Duran Kelimmat ha-Goyim ("Shame of the Gentiles", 1397) memperjelas Duran tidak mempercayai teori Yechiel dari Paris tentang dua Yesus.

Ilmu pengetahuan modern tentang Talmud memiliki spektrum pandangan dari Joseph Klausner, R. Travers Herford dan Peter Schäfer yang melihat beberapa jejak sejarah Yesus dalam Talmud, hingga pandangan Johann Maier, dan Jacob Neusner yang pertimbangkan bahwa ada sedikit atau tidak ada jejak dan teks sejarah yang telah diterapkan pada Yesus dalam penyuntingan kemudian, dan yang lainnya seperti Daniel Boyarin (1999) yang berpendapat bahwa Yesus dalam Talmud adalah perangkat sastra yang digunakan oleh para rabi Farisi untuk mengomentari hubungan mereka dengan dan dengan Yahudi Mesianik awal.

Referensi utama untuk seorang Yeshu hanya ditemukan dalam teks-teks Talmud Babilonia dan Tosefta yang tidak disensor. Banteng kepausan Vatikan yang diterbitkan di 1554 disensor Talmud dan teks-teks Yahudi lainnya, yang mengakibatkan penghapusan referensi untuk Yeshu a.Tidak ada manuskrip yang diketahui dari Talmud Yerusalem menyebutkan nama itu, meskipun satu terjemahan (Herford) telah menambahkannya ke Avodah Zarah 2: 2 untuk menyelaraskannya dengan teks serupa dari Chullin 2:22 di Tosefta. Semua penggunaan selanjutnya dari istilah Yeshu berasal dari referensi utama ini. Dalam manuskrip Talmud di Munich (1342 M), Paris, dan Seminari Teologi Yahudi Amerika, sebutan Ha-Notzri ditambahkan ke penyebutan terakhir dari seorang Yeshu di Sanhedrin 107b dan Sotah 47a serta ke kejadian di Sanhedrin 43a, Sanhedrin 103a, Berachot 17b dan Avodah Zarah 16b-17a. Mahasiswa, Zindler dan McKinsey, Ha-Notzri tidak ditemukan dalam naskah parsial pra-sensor awal lainnya (Florence, Hamburg dan Karlsruhe) di mana ini menutupi bagian-bagian yang dipermasalahkan.

Meskipun Notzri tidak muncul di Tosefta, pada saat Talmud Babilonia diterbitkan, Notzri telah menjadi kata Ibrani standar untuk Kristen dan Yeshu Ha-Notzri yang ditemukan dalam Talmud telah menjadi terjemahan kontroversial dari "Yesus orang Nazarene" dalam bahasa Ibrani. Misalnya, pada 1180 M istilah Yeshu Ha-Notzri dapat ditemukan di Maimonides ' Mishneh Torah ( Hilchos Melachim 11: 4, versi tanpa sensor).

Di Sanhedrin 107b; Sotah 47a menyatakan bahwa Yesus melakukan percabulan dan menyembah berhala.

Toledot Yeshu

Dalam Toledot Yeshu, nama Yeshu diartikan sebagai yimakh shemo. Dalam semua kasus penggunaannya, rujukan ke Yeshu dikaitkan dengan tindakan atau perilaku yang dianggap mengarahkan orang Yahudi menjauh dari Yudaisme ke minuth (istilah yang biasanya diterjemahkan sebagai "bidah" atau "kemurtadan"). Secara historis, penggambaran Yesus dalam Talmud dan literatur Yahudi digunakan sebagai alasan untuk sentimen anti-Yahudi.

Maimonides

Maimonides menyesali rasa sakit yang dirasakan orang Yahudi sebagai akibat dari keyakinan baru yang berusaha menggantikan Yudaisme, khususnya Kristen dan Islam. Merujuk pada Yesus, dia menulis:

Mengenai Yesus dari Nazareth yang membayangkan dirinya menjadi Mesias dan dihukum mati oleh pengadilan, Nabi Daniel sudah bersabda: "juga anak-anakmu yang memberontak akan mengangkat diri untuk menegakkan visi; tetapi mereka akan tersandung." (Dan 11,14) Dan dapatkah ada batu sandungan yang lebih besar dari ini: Semua nabi menegaskan bahwa Mesias akan menebus Israel, menyelamatkan mereka, mengumpulkan mereka yang tersebar dan memperkuat perintah-perintah, tetapi dia menyebabkan Israel dihancurkan oleh pedang , sisa-sisa mereka untuk disebarkan, dan dihina, mereka mengubah Taurat, dan menyesatkan dunia untuk melayani dewa selain Tuhan.

Meski demikian, Maimonides melanjutkan, mengembangkan pemikiran sebelumnya dinyatakan dalam Yehuda Halevi 's Kuzari ,

Namun tidak ada orang yang dapat memahami pikiran (Tuhan) Pencipta dunia, karena cara kita bukanlah jalan-Nya, dan pikiran kita bukanlah pikiran-Nya; Dan semua cara Yesus dari Nazaret dan Ismael ini yang bangkit setelah dia, hanya untuk membersihkan jalan bagi Mesias Raja. Ketika Mesias akan benar-benar bangkit dan dia akan berhasil dan akan memerintah tertinggi, segera mereka semua akan kembali dan akan tahu bahwa mereka mewarisi kebohongan dari nenek moyang mereka dan bahwa nabi dan nenek moyang mereka telah menyesatkan mereka. (Hilkhot Melakhim 11: 10-12)

Surat ke Yaman

Yesus disebutkan dalam Surat Maimonides ke Yaman, ditulis sekitar tahun 1172 kepada Rabbi Jacob ben Netan'el al-Fayyumi , kepala komunitas Yahudi Yaman

Sejak zaman Wahyu, setiap lalim atau budak yang telah mencapai kekuasaan, baik dia kekerasan atau tercela, telah membuat tujuan pertamanya dan tujuan akhirnya untuk menghancurkan hukum kita, dan untuk merusak agama kita, dengan pedang, dengan kekerasan, atau dengan kekerasan, seperti Amalek, Sisera, Sanherib, Nebukadnezar, Titus, Hadrian, semoga tulang mereka menjadi debu, dan lain-lain seperti mereka. Ini adalah salah satu dari dua kelas yang berusaha untuk menggagalkan kehendak Tuhan.

Kelas kedua terdiri dari yang paling cerdas dan terpelajar di antara bangsa-bangsa, seperti Suriah, Persia, dan Yunani. Mereka juga berusaha untuk menghancurkan hukum kita dan merusaknya melalui argumen yang mereka ciptakan, dan melalui kontroversi yang mereka buat ....

Setelah itu muncul sekte baru yang menggabungkan dua cara yaitu penaklukan dan kontroversi menjadi satu, karena diyakini prosedur ini akan lebih efektif dalam menghapus setiap jejak bangsa dan agama Yahudi. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk mengklaim nubuat dan untuk menemukan iman baru, bertentangan dengan agama Ilahi kita, dan untuk menyatakan bahwa itu sama-sama diberikan Tuhan. Oleh karena itu, hal itu diharapkan akan menimbulkan keraguan dan kebingungan, karena yang satu bertentangan dengan yang lain dan keduanya diduga berasal dari Sumber Ilahi, yang akan menyebabkan kehancuran kedua agama tersebut. Karena itulah rencana luar biasa yang dibuat oleh orang yang iri hati dan suka bertanya-tanya. Dia akan berusaha untuk membunuh musuhnya dan untuk menyelamatkan hidupnya sendiri, tetapi ketika dia merasa tidak mungkin untuk mencapai tujuannya, dia akan menyusun skema dimana mereka berdua akan dibunuh.

Orang pertama yang mengadopsi rencana ini adalah Yesus dari Nazaret, semoga tulangnya menjadi debu. Dia adalah seorang Yahudi karena ibunya adalah seorang Yahudi meskipun ayahnya adalah seorang non-Yahudi. Karena sesuai dengan prinsip-prinsip hukum kita, seorang anak yang lahir dari seorang wanita Yahudi dan seorang bukan Yahudi, atau seorang wanita Yahudi dan seorang budak, adalah sah. (Yebamot 45a). Yesus hanya secara kiasan diistilahkan sebagai anak haram. Dia mendorong orang-orang untuk percaya bahwa dia adalah seorang nabi yang diutus oleh Tuhan untuk menjelaskan kebingungan dalam Taurat, dan bahwa dia adalah Mesias yang diramalkan oleh setiap pelihat. Dia menafsirkan Taurat dan ajarannya sedemikian rupa sehingga mengarah pada pembatalan totalnya, pada penghapusan semua perintahnya dan pada pelanggaran larangannya. Orang bijak, dengan ingatan yang diberkati, setelah menyadari rencananya sebelum reputasinya menyebar di antara orang-orang kita, memberikan hukuman yang pantas kepadanya.

Daniel telah menyinggung dia ketika dia meramalkan kejatuhan orang jahat dan bidat di antara orang Yahudi yang akan berusaha untuk menghancurkan Hukum, mengklaim nubuat untuk dirinya sendiri, membuat kepura-puraan untuk mukjizat, dan menyatakan bahwa dia adalah Mesias, sebagaimana adanya. tertulis, "Juga anak-anak yang kurang ajar di antara kaummu akan berani mengklaim nubuat, tetapi mereka akan jatuh." ( Daniel 11:14).

Dalam konteks menyangkal klaim orang kontemporer di Yaman yang mengaku sebagai Mesias, Maimonides menyebut Yesus lagi:

Anda tahu bahwa orang-orang Kristen secara keliru menganggap Yesus orang Nazaret memiliki kekuatan yang luar biasa, semoga tulang-tulangnya menjadi debu, seperti kebangkitan orang mati dan mukjizat lainnya. Sekalipun kita akan mengabulkannya demi argumen, kita tidak boleh diyakinkan oleh alasan mereka bahwa Yesus adalah Mesias. Karena kita dapat membawa seribu bukti atau lebih dari Alkitab bahwa itu tidak benar bahkan dari sudut pandang mereka. Memang, akankah ada orang yang menaikkan derajat ini untuk dirinya sendiri kecuali dia ingin menjadikan dirinya bahan tertawaan?

Sebagai seorang Nazarene

Di antara beberapa sinagog Israel di komunitas Mizrahi (Yahudi asli Timur Tengah), seperti yang ada di Ra'anana, Yesus dipandang sebagai Natzer, Nazarene, pengikut gerakan pertapa religius dalam Yudaisme, meskipun pengikut mereka tidak diakui sebagai Yahudi Ortodoks, kendati mereka sendiri mengklaim sebaliknya.

Selain menjadi nama tempat, orang Nazarene adalah orang Yahudi yang berkomitmen pada ketaatan ekstrim tertentu dari praktik keagamaan, seperti mencukur kepala dan tidak melakukan berbagai aktivitas, makanan atau praktik, menghabiskan waktu untuk kontemplasi di gurun dan sebagainya.

Menurut situs web mereka, mereka terus diakui sebagai orang Yahudi, dan Yesus hidup sekitar 130 atau 140 M dan digabungkan dengan kepercayaan Neoplatonik menjadi apa yang kemudian menjadi Perjanjian Baru. Bagi mereka, Yesus adalah seorang guru, dalam tradisi guru Yahudi lainnya, dan bukanlah Tuhan atau anak Tuhan.

Evaluasi kembali sejarah yang positif

Mengingat sejarah Yesus, beberapa pemikir Yahudi modern memiliki pandangan yang lebih positif tentang Yesus, dengan alasan bahwa dia sendiri tidak meninggalkan Yudaisme dan/atau bahwa dia menguntungkan non-Yahudi. Di antara rabi Ortodoks bersejarah yang berpegang pada pandangan ini adalah Jacob EmdenEliyahu Soloveitchik, dan Elijah Benamozegh.

Moses Mendelssohn, serta beberapa pemikir religius Pencerahan Yahudi lainnya, juga memiliki pandangan yang lebih positif. Filsuf kelahiran Austria Martin Buber juga sangat menghormati Yesus. Pandangan positif tentang Yesus cukup terwakili di antara orang-orang Yahudi modern dalam arus Reformasi (Emil G. Hirsch dan Kaufmann Kohler), Konservatif (Milton Steinberg dan Byron Sherwin), dan Pembaruan Yahudi (Zalman Schachter-Shalomi).

Beberapa rabi Ortodoks modern, seperti Irving Greenberg dan Jonathan Sacks, juga memiliki pandangan positif (Greenberg berteori Yesus sebagai "seorang mesias tetapi bukan Mesias").

Rabbi Shmuley Boteach menanggapi ini lebih jauh, mengikuti penelitian Hyam Maccoby. Boteach menulis Kosher Jesus pada tahun 2012, di mana ia menggambarkan Yesus sebagai "seorang patriot Yahudi yang dibunuh oleh Roma untuk perjuangannya atas nama bangsanya." Pendapat tentang manfaat buku ini berbeda dengan Rabi Israel-Amerika; Yechiel Eckstein, Presiden Persekutuan Internasional Kristen dan Yahudi, memujinya sebagai "berani dan menggugah pikiran". Boteach mengatakan bahwa buku itu "menelusuri ajaran Yesus ke sumber aslinya: Taurat, Talmud dan literatur rabi ".


[Sumber: Wikipedia]



Baca Juga

Post a Comment

0 Comments